Jangan Remehkan Kentut

 -  By admin

jurecsmanadapa.com – Sobat PMR, sekarang kita akan membahas tentang kentut atau buang angin. Memang terdengar kurang sopan jika kita mendengar kata-kata kentut, namun apakah kalian tau sobat bahwa kentut itu ternyata sehat. Kentut dapat dianggap menjadi suatu kebiasaan buruk jika kita mengeluarkannya dengan cara sembarangan atau tanpa etika.

Kentut yang kita keluarkan dari dalam tubuh itu berasal dari gas dalam usus. Gas tersebut berasal dari udara yang kita telan, gas yang masuk ke usus dari darah, gas dari reaksi kimia dan gas dari bakteri dalam perut.  Makin banyak udara anda telan, makin banyak kadar nitrogen dalam kentut (oksigen dari udara terabsorbsi oleh tubuh sebelum sampai di usus). Adanya bakteri serta reaksi kimia antara asam perut & cairan usus menghasilkan karbondioksida. Bakteri juga menghasilkan metana & hidrogen. Proporsi masing-masing gas tergantung apa yang anda makan, berapa banyak udara tertelan dan jenis bakteri dalam usus.

Bau yang ditimbulkan kentut disebabkan oleh kandungan hidrogen sulfida & merkaptan. Kedua senyawa tersebut mengandung sulfur (belerang). Makin banyak kandungan sulfur dalam makanan yang dikonsumsi, makin banyak sulfida & merkaptan diproduksi oleh bakteri dalam perut. Telur dan daging adalah makanan yang berperan besar dalam memproduksi bau busuk yang ditimbulkan oleh kentut, sedangkan kacang-kacangan berperan dalam memproduksi volume kentut.

Baca selengkapnya

About the Author

Related Posts

jurecsmandapa.com – Lupus adalah penyakit autoimun yang disebabkan oleh sistem imun (kekebalan)...

jurecsmandapa.com – Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi di mana cairan darah dalam...

jurecsmandapa.com – Donor darah adalah menyumbangkan sebagian darah secara sukarela untuk kemudian...