Kurma dan Zat Gizinya

 -  By admin

jurecsmandapa.com – Bulan puasa (segera) tiba, persiapan jiwa raga untuk menjalankan ibadah fisik dan mental ini tentu diperlukan. Salah satunya adalah dengan menambah pengetahuan yang dapat mendukung terlaksananya amal dengan lebih sempurna. Coba kita ingat-ingat kembali, dahulu saat terakhir kali berpuasa. Apa makanan yang pertama kali masuk ke dalam perut kita ketika berbuka puasa? Mungkin ada yang langsung memakan nasi dengan lauk, mungkin ada yang memakan kolak, atau mungkin ada yang juga memakan beberapa butir kurma. Nah, mari simak secuplik pengetahuan tentang kurma berikut!

Sebuah terjemah hadits dari Anas bin Malik :   “Rasulullah SAW pernah berbuka puasa dengan ruthab (kurma basah) sebelum shalat, kalau tidak ada ruthab, maka beliau memakan tamr (kurma kering) dan kalau tidak ada tamr, maka beliau meminum air, seteguk demi seteguk.” ( Sunan Abi Dawud 2356, Hasan )

Kita diberikan contoh terbaik untuk berbuka puasa dengan kurma, kira-kira apa saja rahasia yang sejauh ini bisa diungkap oleh para peneliti handal seluruh dunia tentang buah hitam manis ini?

Baca Selengkapnya

Penulis & Penyunting : Rifqi Ahmad Riyanto S.Si., M.Sc. (c) & Dipl-Ing Arradi Nur Rizal M.Sc.

About the Author

Related Posts

jurecsmandapa.com – Lupus adalah penyakit autoimun yang disebabkan oleh sistem imun (kekebalan)...

jurecsmandapa.com – Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi di mana cairan darah dalam...

jurecsmandapa.com – Donor darah adalah menyumbangkan sebagian darah secara sukarela untuk kemudian...