Nasi Putih Rendah Kalori

 -  By admin

jurecsmandapa.com  – Di artikel Nasi Putih vs Obesitas, kami membahas mengapa nasi putih dikaitkan dengan resiko obesitas dan diabetes tipe 2. Ternyata ada cara mengolah nasi putih yang cukup mudah untuk menurunkan kalorinya.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai nasi putih rendah kalori, sebaiknya kita membedah komposisi dari nasi putih terlebih dahulu. Selain karena nasi putih memiliki sumber kalori dan GI yang cukup tinggi, di dalam 100 g beras putih, 80-90%-nya merupakan karbohidrat dalam bentuk polisakarida yang disebut starch [1,2] atau pati dalam Bahasa Indonesia. Starch sendiri memiliki dua tipe molekul, amylopectin dan amylose. Tergantung dari jenis berasnya, kadar amylopectin berkisar 78-82% sedangkan amylose 18-22% [1]. Beras dengan bulir panjang (long-grain rice) seperti beras Basmati memiliki kadar amylose lebih tinggi dibanding beras bulir pendek (short-grain rice) seperti beras untuk sushi atau beras ketan [3].

Amylopectin merupakan digestible starches; pati yang mudah dicerna, sehingga ketika dikonsumsi akan cepat diubah menjadi glukosa lalu glikogen. Ketika kita kurang beraktifitas, kelebihan kadar glikogen akan disimpan sebagai lemak [4,5] yang menyebabkan bertumbuhnya perut ke arah yang tidak seharusnya. Sedangkan amylose merupakan resistant starches; pati yang membutuhkan waktu lebih lama untuk diproses di dalam sistem pencernaan manusia. Di dalam usus kecil, amylose tidak terpecah menjadi glukosa dan tidak terserap, sehingga amylose memiliki kadar kalori lebih rendah dibandingkan amylopectin.

Baca selengkapnya

About the Author

Related Posts

jurecsmandapa.com – Lupus adalah penyakit autoimun yang disebabkan oleh sistem imun (kekebalan)...

jurecsmandapa.com – Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi di mana cairan darah dalam...

jurecsmandapa.com – Donor darah adalah menyumbangkan sebagian darah secara sukarela untuk kemudian...