Nasi Putih VS Obesitas

 -  By admin

“Sudah makan?”

“Lho kok ga pakai nasi?”

“Ciyee, lagi diet ya?”

“Iya, soalnya makan nasi putih ga sehat dan bikin gemuk!”

Sobat PMR kemungkinan besar sering mendengar pernyataan bahwa nasi putih adalah penyebab melebarnya perut ke samping. Saya pribadi sih bisa makan tanpa harus selalu ada nasi putih, toh sumber karbohidrat alternatif masih melimpah di negeri ini. Tetapi, di sebagian besar negara Asia termasuk Indonesia, nasi putih merupakan makanan pokok yang harus selalu ada. Belum makan katanya kalau tidak ada nasi putih.

Beberapa orang yang tetap mau makan nasi tetapi mencari alternatif yang lebih bergizi dengan serat lebih tinggi, akhirnya mengganti nasi putih dengan beras merah atau beras hitam. Cuma memang nasi padang akan kurang maknyus tanpa nasi putih hangat dengan butiran pulen.

Menurut penelitian dari Harvard School of Public Health [1,2], orang-orang yang mengkonsumsi nasi putih 3-4 kali sehari memiliki resiko 1.5 kali lebih besar terkena diabetes tipe 2 dibanding mereka yang mengkonsumsi lebih sedikit nasi putih. Dan setiap tambahan konsumsi satu porsi nasi putih akan meningkatkan resikonya 10%. Sebenarnya kenapa sih nasi putih dikaitkan dengan peningkatan resiko obesitas dan diabetes tipe 2?

Baca selengkapnya

About the Author

Related Posts

jurecsmandapa.com – Lupus adalah penyakit autoimun yang disebabkan oleh sistem imun (kekebalan)...

jurecsmandapa.com – Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi di mana cairan darah dalam...

jurecsmandapa.com – Donor darah adalah menyumbangkan sebagian darah secara sukarela untuk kemudian...