Tips Memilih Makanan Sehat Saat Berpuasa

 -  By admin

jurecsmandapa.com – Ketika puasa, tubuh perlu nutrisi yang cukup agar mampu menjalankan aktivitas sehari-hari. Bagi sebagian orang mungkin  mementingkan hal tentang menu makan saat berpuasa tidak terlalu diperhatikan, akan tetapi memilih menu makan yang tepat di bulan puasa terutama saat sahur akan membuat puasa kita tidak terganggu oleh lemas atau  ngantuk. Untuk membuat tubuh kita merasa tetap sehat dan segar saat berpuasa, tentunya kita harus pintar memilih menu makan yang tepat.

Berikut adalah tips memilih makan sehat saat berpuasa Ramadhan :

Minum 2 Liter Air Sehari

Saat berpuasa, tubuh kita kehilangan banyak cairan. Dampak dari kurangnya cairan selama siang hari akan berpengaruh pada kulit. Karena itu, usahakan agar Anda meminum air mineral dalam asupan yang mencukupi pada saat sahur dan berbuka puasa. Masalah umum yang biasa terjadi saat puasa adalah dehidrasi. Jika tidak ingin mengalami hal serupa, coba konsumsi makanan yang banyak mengandung air, minum 2 liter air per hari, dan hindari minuman yang membuat dehidrasi, seperti kopi dan minuman bersoda.

Pilih Menu Makanan yang Tepat

Makanan utama untuk sahur adalah yang cukup akan kandungan karbohidrat dan protein, dengan tambahan menu lauk pauk yang cukup akan kandungan gizi dan vitamin yang baik seperti ikan dan daging. Karena karbohidrat dan protein sangat berguna untuk menambah energi kita dalam berpuasa. Mengonsumsi makanan atau minuman manis memang dianjurkan saat buka puasa agar dapat mengembalikan gula darah dan tenaga dengan cepat. Namun, jangan asal memilih makanan dan minuman manis.

Makanan yang dikonsumsi saat sahur tidak hanya sekadar praktis, tapi juga makanan bergizi, yang mengandung lima unsur zat gizi yaitu: protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral. Selain itu, pada saat sahur perlu mengkonsumsi makanan yang berserat yakni sayuran dan buah untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Yang penting dilakukan saat sahur adalah tidak makan yang berlebihan dan hindari makanan yang terlalu manis. Kadar gula tinggi akan menyebabkan gula darah naik, hal ini akan menyebabkan perut terasa lapar terus menerus dan badan terasa lelah karena pancreas bekerja keras menghasilkan insulin untuk menekan gula darah ke level normal. Jadi, minuman yang baik saat sahur adalah jus buah tanpa tambahan gula.

Baca Selengkapnya

About the Author

Related Posts

jurecsmandapa.com – Lupus adalah penyakit autoimun yang disebabkan oleh sistem imun (kekebalan)...

jurecsmandapa.com – Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi di mana cairan darah dalam...

jurecsmandapa.com – Donor darah adalah menyumbangkan sebagian darah secara sukarela untuk kemudian...